KKN IK IAIN KUDUS Berpartisipasi dalam Rapat Pembentukan Kepengurusan BUMDES Tambahagung

 

Pati, 7 September 2021

Pandemi Covid-19 yang berlangsung, 1,5 tahun ini mengakibatkan IAIN KUDUS menerapkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa masing-masing, sehingga pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilakukan secara mandiri agar mahasiswa tetap menjalankan kewajibannya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bertujuan sebagai lokomotif pembangunan ekonomi lokal tingkat desa. Pembangunan ekonomi lokal desa ini didasarkan oleh kebutuhan, potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari pemerintah desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa dengan tujuan akhirnya adalah meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa. Dasar pembentukan Bumdes sebagai lokomotif pembangunan di desa lebih dilatarbelakangi pada prakarsa pemerintah dan masyarakat desa dengan berdasarkan pada prinsip kooperatif, partisipatif, dan emansipatif dari masyarakat desa.

Satu hal yang penting dalam pengelolaan BUMDes yakni dalam proses pengelolaan BUMDes amat dibutuhkan suatu pengelolaan dan pelaporan yang transparan bagi pemerintah dan masyarakat. Artinya dasar pengelolaan harus serba transparan dan terbuka sehingga ada mekanisme chek and balance baik oleh pemerintahan desa maupun masyarakat. Untuk langkah ke depan, sangat diperlukan sebuah penyusunan Rencana-rencana pengembangan usaha. Contoh mudah, Untuk penjualan produk-produk yang dipengaruhi oleh musim seperti penjualan pakaian, sandal, sepatu dan sejenisnya penting untuk selalu memperhatikan perubahan mode, sebab jika tidak dilakukan besar kemungkinan produknya tidak diminati oleh pasar. Untuk itu diperlukan inovasi baru atau selalu mewaspadai perubahan dan perkembangan yang terjadi di masyarakat.

Selasa, 7 September 2021 di Balai Desa Tambahagung mengadakan rapat pembentukan struktur organisasi BUMDES yang diikuti oleh perangkat desa dan jajarannya serta mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS 2021. Hasil rapat pembentukan struktur BUMDES yaitu ketua ketua: Sunardi, sekretaris: Luthfi Nadzif, bendahara: Taufiq. Semoga kedepannya BUMDes bisa semakin eksist dan berkembang, sehingga dapat mencapai sasaran utamanya yakni kemajuan dan kemakmuran masyarakat desa yang utuh.

Penulis: Laila Nurul Hidayah, Miftahur Rohmah, Anggi Dyana Fitri

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan