Mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS 2021 Menghidupkan Sholawat bersama Santriwati Dk. Sono di Musholla Nailus Salam

 

Pati, 10 September 2021

Sejarah lahirnya Rasulullah SAW diperingati dengan menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Perayaan ini tak dikenal selama Rasulullah SAW masih hidup. Pembacaan kitab Barzanji ini sudah menjadi tradisi di Indonesia, khususnya di kalangan warga Nahdlatul Ulama (NU). Tradisi Barzanji ini kemudian berkembang pesat di kalangan pesantren-pesantren yang tersebar di Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Nahdlatul Ulama (NU) dianggap sebagai organisasi pelestari tradisi ini. Mereka percaya bahwa dengan menyanyikan Barzanji pada saat perayaan Maulid Nabi akan memperoleh syafaat Nabi pada hari kiamat kelak.

Diceritakan dalam riwayat Ibrahim al Bajuri dalam Hasyiyat al-Bajuri ‘ala Matn Qasidah al-Burdah bahwa tradisi pujian kepada Rasulullah SAW ini merupakan tradisi yang perlu didorong dan dilestarikan umatnya agar senantiasa patuh pada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Oleh karena itulah, mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS 2021 bersama santriwati menghidupkan sholawat agar memperoleh syafaat Nabi pada hari kiamat kelak. Aamiin Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS 2021 yang dilaksanakan di masing-masing desa sebagai wujud pengabdian kepada desanya.

 

Penulis: LailaNurul Hidayah, Anggi Dyana Fitri, Mifahur Rohmah

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan