Kembangkankan Dunia Pendidikan, KKN IK Tahun 2021 IAIN Kudus Mengadakan Bimbel Cerdas Cermat di Desa Tambahagung

 

Kamis, 07 Oktober 2021

Tim KKN-IK 2021 IAIN Kudus mengadakan program pengabdian masyarakat berupa bimbel (Bimbingan Belajar). Program ini ditunjukan untuk siswa SD/MI dan SMP/MTs. Kegiatan bimbel dimulai pada tanggal 13 September 2021 sampai 05 Oktober 2021 yang diselenggarakan di rumah Bapak Syaroni, Desa Tambahagung Dukuh Sono RT 03/RW 04 Kecamatan Tambakromo.

Bimbingan belajar atau bimbel ini dilaksanakan tiga kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin, Selasa, dan Rabu tepatnya setelah sholat isya’ pukul 19.00 s/d 20.00 WIB. Untuk kegiatan sebelum melakukan bimbel, anak-anak terlebih dahulu mengikuti ngaji rutinan ba’da magrib di rumah ustazah Zumrotus Sholihah.

Tujuan diadakan bimbel ini dimaksudkan untuk memberikan pendampingan dalam belajar dan memberikan motivasi pada anak agar selalu kreatif dalam dunia pendidikan. Selain itu, anak-anak di Desa Tambahagung juga diharapkan mampu mempunyai pengetahuan intelektual tinggi serta mempunyai kepribadian yang rajin, pintar, disiplin, teliti, dan tanggung jawab. Adanya berbagai harapan tersebut, mahasiswa KKN-IK 2021 IAIN Kudus memberikan nama bimbingan belajar ini dengan nama “Bimbel Cerdas Cermat”.

Mahasiswa KKN-IK 2021 IAIN Kudus menjelaskan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah menulis, membaca, berhitung, dan membantu anak-anak dalam mengerjakan tugas. Kegiatan bimbel tersebut mendapat respon baik dari masyarakat. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya jumlah anak-anak yang hadir serta adanya dukungan dari orang tua anak tersebu.

Pada tanggal 05 Oktober 2021, merupakan hari terakhir kegiatan bimbingan belajar (Bimbel Cerdas Cermat). Namun keaktifan anak-anak di Desa Tambahagung untuk mengikuti bimbel atau bimbingan belajar masih terpancar, mereka tetap semangat dalam mempelajari dan memahami materi yang diajarkan. Selain itu, mereka juga meminta mahasiswa KKN-IK 2021 IAIN Kudus agar tetap melanjutkan kegiatan bimbingan belajar (Bimbel Cerdas Cermat).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan